1. HLOOKUP
HLOOKUP adalah salah satu fungsi referensi yang bisa digunakan untuk menghitung /mengambil data dari tabel referensi. HLOOKUP biasa juga disebut horizontal lookup.
Syntax
HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
Lookup_value is the value to be found in the first row of the table. Lookup_value can be a value, a reference, or a text string.
Table_array is a table of information in which data is looked up. Use a reference to a range or a range name
atau sederhananya seperti di bawah ini;
Lookup_value adalah nilai yang ditemukan pada baris pertama tabel
Table_array adalah range table dimana data referensi akan ditemukan.
Contoh:
1. Buat tabel seperti di bawah ini
Baris pertama dan kedua merupakan tabel referensi
Baris ke lima hingga 12 adalah tabel kerja
2. ketik formula: pada sel E5
=HLOOKUP(D5,$C$1:$G$2,2)
2.VLOOKUP
Fungsi vlookup merupakan sebuah fungsi yang telah disediakan oelh microsoft excel 2007 untuk menghitung /mengambil nilai dari sebuah tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Fungsi vlookup akan menghitung nilai referensi secara vertikal.
Atuan penulisannya seperti di bawah ini:
Syntax
VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Contoh:
1. Buat tabel seperti di bawah ini:
2. Di sel E3 ketik formula berikut:
=VLOOKUP(D3,$G$3:H7,2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar